08 March, 2011

buat yang tertarik

Peringkat Universitas Dunia Webometrics adalah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. Peringkatan dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.
Webometrics ini didasarkan atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Pengukurannya menggunakan empat indikator, yakni size, visibility, rich files, dan scholar.
Indikator pertama, size (S), yakni jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi. Kedua, visibility (V) ialah jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai. Ketiga, rich files (RF), yaitu relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut. Terakhir, scholar (Sc), yakni jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi. Selanjutnya, data yang telah terkumpul diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 8.000 perguruan tinggi dari seluruh dunia.
Berikut data selengkapnya :
Top 10 di Dunia :
1.  Harvard University (USA)
Top 10 di Asia :
1. University of Tokyo (Japan)
2. Kyoto University (Japan)
4. University of Hong Kong (Hong Kong)
6. Hebrew University of Jerusalem (Israel) *gembel ada israelnya*
Top 10 di Asia Tenggara :
2. Kasetsart University (Thailand)
4. Mahidol University (Thailand)
9. Khon Kaen University (Thailand)
Top 10 di Indonesia :

hmm, saya kemana ya ?? masih ababil nih. tapi saya pengen ke UGM. trus mau kuliah di jepang juga. kalo ga jepang, eropa ahh. yang penting ada winternyaa *nora* 
berarti list universitas saya



  1. UGM
  2. University of Tokyo
  3. Università di Pisa
  4. UI
  5. ITB
  6. IPB
Etdah banyak amat. hmm, data ini sewaktu-waktu bisa berubah. maklumlah, ababil :D

No comments:

Post a Comment

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~