11 October, 2011

setelah ber-hibernasi....

hai semuaaah ^^ haduh udah lama deh ga mampir kesini... heheh
kangen banget nulis nulis disiniii kaya dulu lagi maaap bikin jurnalmo terlantar kaya ginii. huwooo
kalo kalian tanya kenapa. gaada yang nanya si mo. nanya aja udah. itu karena aku ga sempetttt

yap. kegilaan tentang hal yang berhubungan dengan SMA ini bikin aku ga sempet oel. 2 minggu kemaren tuh minggu ulangan. trus sekarang lagi UTS. dan saya malah oel    *and i feels like : MATI AKU*
ARRRRRRRRRRGGGGH. udah 2 hari nih UTS tapi entah kenapa aku ngerasa ada yang kurang. ea.
dilema banget yah jadi anak smansa. banyak tugas, ulangan numpuk, perjuangan banget dah. bzzzzz

tapi anak smansa itu keren. dan saya berasa jadi nobita di sarang jimmy neutron disana ._. orang orangnya dewa dewa gilak -___- nyahahahah tapi itu bisa jadi motivasi. errrrr SEMANGAT MO !! *tiba tiba semangat -_-*  KALO LO. IYA LO. KALO LO ORANG DEPOK. KALO LO ADEK KELAS GUE. ATAU LO ADEK KELAS DIA. MASUK SININIH !! smansa itu keren parah. jadi MASUK SININIH.
krik krik. aduh post pertama setelah hibernasi krik banget yah -_____- maklum dah
sudahlah. jadi saya mau isi post pertama ini dengan   MATERI KIMIAA. yeay

-JARI JARI ATOM, ENERGI IONISASI, AFINITAS ELEKTRON, KEELEKTRONEGATIFAN

1. jari jari atom.
adalah jarak antara inti atom ke kulit terluarnya.
jadi, semakin banyak kulitnya semakin besar jari-jarinya. which means semakin besar periodenya semakin besar jari jari atomnya. periode itu banyak kulitnya, kalo golongan itu menurut elektron valensinya. ngerti ?
2. Energi ionisasi
ininih yang paling saya ngerti dari 3 sifat unsur kecuali jari jari atom itumah jelas banget.
kalo energi ionisasi itu energi minimum yang dibutuhkan untuk melepas elektron terluar. semakin kebawah tabel periodik semakin gampang ngelepasnya. soalnya kulitnya makin banyak kan. jadi daya ikat ke inti atomnya ga begitu kuat. trus kalo semakin ke kanan semakin banyak energi yang dibutuhkan. soalnya  atom valensinya makin banyak. jadi makin susah untuk dilepas. gitu dech kira kira
3. Afinitas elektron
saya gabegitu ngerti sih, tapi kira kira begini energi yang dilepaskan suatu atom berwujud gas ketika melepas elektron untuk membentuk ion (-) yang stabil.
semakin besar energi yang dilepas, semakin stabil ion negatifnyah. di golongan VIIIA atau golongan logam mulia -____- gaada afinitas elektronnyah. karena mereka udah stabil. sedangkan golongan di bawahnya belom stabil. gangerti yak ?? sama sihh tapiii kalo sesat, jangan slahin saya. salahin doraemon. -____-
4. Keelektronegatifan
keelektronegatifan atau elektronegatifitas itu kecenderungan suatu atom menarik elektron lain ke dalam ikatannya. ini dia yang paling saya gangerti. Keelektronegatifan diukur dengan menggunakan skala Pauling yang harganya berkisar antara 0,7-40. dalam satu golongan, makin ke bawah makin kecil. karena daya tarik ke intinya makin kecil jugaa. makanyaa unsur unsur bawah cenderung melepas elektron. teruus buat yang seperiode makin ke kanan makin besaar.



sebenernya mau nambahin soal sejarah perkembangan atom. tapi, ini udah sore ._. sampe segini ajadah.
mo undur dirii. insya Allah bakal sering posting yang bermanfaat ^^ caaaw  

source :
http://kimiadahsyat.blogspot.com/2009/06/sifat-sifat-periodik-unsur.html
http://www.kimiaku.info/kimiaku/afinitas-elektron
www.chem-is-try.org/

2 comments:

  1. Akhirnyaaaa setelah sebulan gak posting.... :D

    ReplyDelete
  2. iyaaa :D jarang banget oel nihh.
    btw, makasii udah mau visiiit

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~