30 June, 2012

yang beda tapi tetap satu, Indonesia

yang lagi liburan mana suaranyaaa ?

*hening* *pada liburan ke luar negeri ternyata* *lempar meja*

source : tumblr

gabisa dipungkiri liburan kaya gini nih pada manfaatin buat liburan ke luar negeri kaya orang - orang yang di atas. kapan lagi bisa ke luar negeri iya ga ?
tapi wisata dalem negeri udah pada tahu semua belom ? Indonesia is way more beautiful than the other countries browwh. jadi mo sih mendingan jalan jalan keliling Indonesia dulu baru ke luar negeri. amiin 

mumpung lagi ngomongin Indonesia nih, apasih yang kepikiran ama kalian kalo denger kata itu ? kalo mo terawang pasti yang jelek jelek, korupsi, sampah, macet. ye gak ? Y. kaya mbahnya mo yang suka ngomel ngomel kalo ngomongin Indonesia sekarang dan suka bangga banggain dirinya yang pernah ke papua dulu pas jaman jaman labil.

Zaman memang berubah. Orang juga berubah. Pemerintahan juga berubah. Tapi cintaku padamu tidak akan pernah berubah #ea #moedisigombal
tapi ada satu hal yang ga berubah dari Indonesia. dan ampe sekarang masih jadi ciri khasnya negeri tercinta ini.

Bhinneka Tunggal Ika

ya, Bhinneka Tunggal Ika yang kalo ditrenslet ke Inggris jadi "Unity In Diversity" menurut mo Indonesia banget.
dari sabang ampe merauke yang pulaunya kepisah pisah gitu dan kondisi geografis yang beda juga gamungkin kan orangnya sama semua ? kita berbeda teman, tapi kita tetap sama. sama - sama Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika | Source

ah Indonesia, selalu punya cara untuk menyatukan kami semua :')


tapi ternyata bukan cuma adat, kebudayaan, bahasa atau orangnya doang yang Bhinneka Tunggal Ika. tapi kuliner di Indonesia juga Bhinneka Tunggal Ika. bedabeda tapi sebenernya sama. wayoloooh, apa maksudnya ? maksudnya ada satu jenis makanan yang bervariasi tapi sebenernya jenisnya sama, gitu....

klik untuk memperbesar | source


bahkan negara tetangga kita pun gabisa sekreatif kita. banggak deh jadi punya Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika :')

sebagai pecinta makanan  mo udah survey sama mbahnya mo yang juga pecinta makanan tentang ke-Bhinneka Tunggal Ika-an kuliner Indonesia ini. masih bingung maksudnya apa ? yuk kita intip di bawah ini 


1. KAREDOK, PECEL, GADO - GADO


gado - gado, pecel, karedok, sama semua ?

mungkin banyak orang yang gatau apa bedanya 3 makanan di atas. termasuk mo sebelum ini, temen mo ampe pernah nanya 'pecel sama gado - gado apa bedanya sih ?' nah ini sekaligus menjawab pertanyaan temen mo itu.
ya, tiga sekawan di atas ini bisa dibilang 'salad'nya Indonesia. keliatannya sih sama banget. tapi sebenernya mereka beda. apa sih bedanya ?

gini, kalo karedok sayurannya mentah tanpa ada proses rebus atau pengasapan. sedangkan pecel sama gado - gado sayurannya direbus dulu. trus saus kacangnya karedok pake kencur. jadi bedanya karedok sama 2 kawannya itu udah jelas .
nah kalo gado - gado sama pecel apa bedanya ? bahkan mbah mo pun bingung waktu mo tanyain itu . tapi mereka tetep ada bedanya kok.

 bedanya terletak di bahan yang dipake.
kalo pecel biasanya terdiri dari kangkung, tauge, sama kacang panjang yang direbus. kalo gado - gado lebih bervariasi dan ada irisan telur rebusnya . 

selain bahannya beda, saus kacangnya juga beda ternyata. kalo pecel saus kacangnya pake kencur kaya karedok, kalo gado - gado nggak. pake bawang merah bawang putih doang.

jadi udah bisa kan ngebedain 3 sekawan itu ?? :)

kalo mau lebih detail lagi bisa liat disini, karedok, pecel, gado - gado

ternyata mereka gacuma bertiga, ada lagi yang mirip mirip. Lotek. kalo lotek hampir sama ama pecel, kalo di lotek sausnya ditambahin terasi, gula merah, sama bawang putih. jadi lotek cenderung lebih manis daripada pecel. lihat disini

2. SATE



sate termasuk makanan paporitnya mo. setahu mo ada 3 jenis sate, sate ayam, sate kambing,  dan sate padang.

kalo sate ayam dan sate kambing bedanya jelas lah ya. sate ayam itu dari daging ayam yang disiram saus kacang. abangnya paling sering lewat kalo lagi sahur, kalo lagi sahur gaada teriakan sate ayam sepi sepi gimana gitu .

kalo sate kambing jarang mo temuin kecuali kalo ada kondangan atau akikahan. terbuat dari daging kambing, namanya aja sate kambing #gausahngomongmoo . tapi beda nih sama sate ayam, sate kambing jarang pake saus kacang. tapi pake kecap yang dicabein gitu. dan kombinasinya enak :3 #tebarbaumulutkambing

trus kalo sate padang ?


Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan)[1] dengan bumbu kuah kacang kental (miripbubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

(source : wikipedia)

bahannya dari bagian bagian sapi gitu, trus bumbunya kaya cream soup yang kekentelan gitu. bumbunya enak banget deh, paporit mo nih.


3. RUJAK


mungkin makanan manis manis pedes ini cukup terkenal di jawa. tapi tahu gak ternyata rujak itu ada 2 macem rujak biasa sama rujak bebeg.
kalo rujak biasa, terdiri dari potongan buah yang disiram sambel kentel gitiu dari gula merah, terasi, cabe dan asem kalo kata mbahnya mo .
kalo rujak bebeg ? (baca : bebeg dengan enya elang) rujak yang ditumbuk sama cabe, terasi dan buah buahan. rasanya enak pake bangeet. kaya rasa seperti Indonesia :)
biarpun bentuk dan cara bikinnya beda, namanya tetap sama. rujak.


sebenernya masih banyak kuliner Bhinneka Tunggal Ika yang bisa dipost. tapi mo harus survey survey lagi (baca : makan yang banyak lagi) itung itung biar cepet gemuk  tunggu part 2nya yah guyz ^^

apa lagi yang paling Indonesia kalo bukan Bhinneka Tunggal Ika ? bahkan makanan membuktikan itu. jadi, tetap jadi Indonesia yang beragam tapi tetap satu ya kawan, satu Indonesia :)


tulisan ini disertakan dalam

7 comments:

  1. nice post, kunjungan pertama nih :D
    semoga menang yaah lombanya,

    salam kenal yaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasii. selamat datang ^^
      amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin (u/ \u)

      salam kenal jugaaa :D

      Delete
  2. wah,dapet banyak info nih...biasanya mah kalo makan langsung lahap aja,nggak ngerti gimana2-nya..hehe

    sukses ya lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk yeaaay~ alhamdulillah yaah...

      amiiin makasi yaa :D

      Delete
  3. wah aku jadi menyesal gak ke alun-alun pagi ini untuk makan sate padang gara-gara bangunnya kesiangan :'(

    nice post! semoga menang!

    ReplyDelete
  4. Wadaw... Wadaw... Jam Segini Pas Ngeliat Yang Begituan...
    Aw.. Aw... Aw... Ayas KAGAK TAAHAAAANN!!!
    Hweheheee...

    INDONESIA emang penuh KEANERAGAMAN yang LUAR BIASA!!
    Yang melebihi Negara-Negara lain...

    Bangga Jadi Orang Indonesia!!!
    ^_^

    ReplyDelete
  5. Semangat mengindonesiakan indonesia lewat Blog...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~