18 July, 2012

berani curi budaya kita ?!



baru baru ini lagi anget angetnya isu pencurian budaya. iya ini tuh lagi anget banget ! kaya bangku yang abis didudukin, anget anget pantat gitu (?)
rela gak sih budayanya dicuri ? nggak kaan. sama. mo juga garela. garela move on #mocucahmuponqaqaa  #salahfokus #kenapafokusdisalahin? 

liat gambar di atas kan ? inget kapan terakhir main congklak ? inget terakhir kali megang angklung ? tahu gak gambar - gambar di atas itu apa  ? #momaintebaktebakan
jadi gambar di atas itu segelintir dari budaya jawa barat berhubung mo tinggal di jawa barat. bahkan orang jawa barat pun mungkin jarang pegang itutuh yang di atas.
jadi, yuk kita kenali apa aja itu yang di atas. sebelum dicuri, kenali dan cintai :)

1. angklung



kapan terakhir kali pegang alat musik ini ? SD ? SMP ?? faktanya adalah mo terakhir pegang angklung beberapa bulan yang lalu. tapi pegang doang. ga dimaenin, kan ada di ruang kesenian smansa :3

angklung itu khas banget jawa barat. angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan dimaininnya digeter geterin gitu. harmoninya angklung enak banget. nenangin jiwa gitu (?)
angklung sekarang udah terkenal ampe kancah dunia. masa sih kita gabisa mainnya ? yuk belajar main angklung :)

2. congklak


congklak ? congklak bukannya temennya sombong ?? *hening* itu congkak -___- #mosedanginginnanyasendirijawabsendiri

ini permainan tradisional jawa. diperkirakan datangnya itu dari pedagang pedagang arab yang jualan atau berdakwah di indonesia. kan ada gambarnya tuh di atas ? nah buat yang belom pernah megang congklak, bisa diliat itu adalah kayu yang bolong - bolong atasnya.

cara mainnya : 

Pada awal permainan setiap lobang kecil diisi dengan tujuh buah biji. Dua orang pemain yang berhadapan, salah seorang yang memulai dapat memilih lobang yang akan diambil dan meletakkan satu ke lobang di sebelah kanannya dan seterusnya. Bila biji habis di lobang kecil yang berisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi, bila habis di lobang besar miliknya maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lobang kecil di sisinya. Bila habis di lubang kecil di sisinya maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan. Tetapi bila berhenti di lobang kosong di sisi lawan maka ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.
Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada biji lagi yang dapat dimabil (seluruh biji ada di lobang besar kedua pemain). Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.

(source : wikipedia)

mainan ini sangat asyik looh. biarpun mo juga kalah mulu dan jarang maininnnya tapi ini menyenangkan. sayang yah udah jarang ada yang jual congklak sekarang. di tukang jepitan sekarang jarang ada yang jual, 

ya iyalah mo !! ngapain tukang jepitan jualan congklak ?!!

apalagi anak anak kecil jaman sekarang. jarang ada yang bisa main cingklak. main sally salon mah lancar banget. 
betewe buat yang galau karena susah nyari orang yang jual congklak adaloh ternyata versi onlennya check this and for download


3. wayang golek

wayang golek itu seni pertunjukan wayang yang diperanin ama boneka kayu. pertama kali sebagai media dakwah, dikenalin oleh sunan kudus. 
terakhir mo pegang wayang golek itu 2 tahun yang lalu. dan itu punya bapaknya gurunya mo, katanya itu wayang diasayaaang banget. dan wayangnya itu gede, berat banget.
ya pantes aja sih ya disayang banget soalnya sekarang mo udah jarang ngeliat wayang itu. mo apalagi yang jual. palingan di daerah wisata gitu. 
pertunjukannya juga udah jarang ada. karena remaja remaji Indonesia rata rata demennya geli atau sinetron sinetron gitu.
ayo dong, kalo bukan kita, siapa lagi yang peduli ? ini budaya kita. bangsa kita. masa kita gapeduli ? sebelum dicuri, yuk kita sayangi wayang lagi :)

4. Tari merak

















sebelumnya mo gatau ada tari merak. tapi sekarang mo udah tahu :) 

Tari Merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burung merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri. (source :wikipedia)

betewe mo juga belom pernah liat langsung. di sekolah mo ada ekskul tari tradisional gitu mudahmudahan suatu saat mereka nampilin tari merak U,U

5. kendang


kendang itu kan makanan yang dari daging itu... *hening* itu rendang -__- #molelahdengansemuaini

kalo mo searching, kendang itu mencar mencar. ada yang dari jawa, ada yang dari mana... kalo dari jawa barat namanya kendang sunda. terdiri dari kendang kecil sama besar gitu deh. 

Kendang sunda terdiri dari 3 kendang, satu kendang yang berukuran besar dan 2 lainnya berukuran kecil disebutnya  kulantir. pas dimaenin, seperangkat kendang tersebut ada yang di ikat dengan tali yang terbuat dari kulit sapi,kambing, atau kerbau. jadi pas dimaenin pun kendang ga pindah-pindah.

hayo siapa yang gatau kendang dan gaperah liat ? mo sering liat kendang. karena ada ekskulnya di sekolahan mo :3 yang belom tahu ayo cari tahu. yang belom pernah main ayo belajar. sebelum kita nyesel gara gara udah keduluan dicuri sama yang disana. ya, yang disana...... #tibatibagalau

oiya permainan kendang ini juga ada looh di iPhone, iPad, sama iPod Touch check here
jadi gaada alibi buat gabisa belajar kan ?



sekarang udah tahu kan beberapa budaya jawa barat versi mo ?? yuk gaiz kita lestariin, biar yang disana gabisa nyolong nyolong lagi. dan buat yang disana, kalau kalian mau nyolong budaya lagi, kami bakal udah siap buat pertahanin.jadi jangan curi curi lagi ya.
emang kalian gapunya kreatifitas apah main nyolong nyolong aja ? kalo emang kalian bermartabat jangan mencuri dong. sweeper aja kalo dicegah dora gajadi nyuri kok... *tibatibahening*

11 comments:

  1. biasanya kan mo anget2 tai ayam. ,mwahahahaha

    *masih dendam*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ieuwh han ingetnya hal hal yang bau gitu ya ternyata.... (?)

      Delete
    2. -____________-

      kok jadi gue yang kena lagi???

      Delete
  2. waktu SD meskipun saya cowok saya sering main congklak sama temen2, kalo di daerah saya disebutnya Gudangan.. hehe..

    salah satu permainan yang harus dilestarikan...
    semoga kedepannya tidak ada lagi negara lain yang berusaha mencuri budaya kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk waaaw sekarang mah boroboro cowok kenal congklak wong bocah esde aja maennya dota, pb -__- gimana nasibnya ini maenan.... yup amiiin u,u

      Delete
  3. congklak!! jadi kangen pengen mainan permainan ini lagi.

    ReplyDelete
  4. Wahahaahaha...congklak... :D
    Jadi inget dulu kalo biji keongnya penuh genggemnya sampe pake 2 tangan... gerakan tangannya gak lihai... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk ketauan deh tangan bang glen imudh imudh gitu dulu pasti :3
      untung tangan aku gede gede gitu jadi gampang buat mindahmindahinnya #eh #gatauharussenengapasedih
      tapi tetep aja kalah molo -_-

      Delete
  5. Lama2 BATAGOR juga mereka klaim sebagai asli buatan Malingsia...hahaha

    ReplyDelete
  6. Sebelum menilai baik buruk itu, menurut saya lebih baik kita liat dari diri kita pribadi. apa yang harus kita perbuat untuk indonesia kedepannya !!
    apakah tetep konsumsi prodak luar negri atau cinta produk dalam negri.

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~