20 January, 2013

menemukan passion dengan jimat sakti !



Passion | source

minggu kemaren kelas mo bikin pengajian kelas gitu. bukan pengajian juga sih sebenernya, siraman rohani doang (?) nama acaranya JIMAT SAKTI, pengajian estimate subhanAllah alhamdulillah kita telah mengaji. (kepanjangannya agak random emang -_-) dengan tema pengajiannya : menemukan passion.

kenapa menemukan passion ? karena tema ini dirasa urgent buat temen temen mo, karena kita udah kelas 11 yang bentar lagi bakal lulus. daaan kita pun harus milih jurusan buat kuliah yang gabisa main main, alamat bakal salah jurusan ntarnya. jadi, in case of kita bakal jadi korban salah jurusan, kita harus mulai nemuin passion kita dari sekarang.



Passion menurut mo adalah
rasa cinta untuk melakukan sesuatu yang kalau nggak kita lakukan bakal ngerasa kehilangan 
misalnya nih mo punya passion menyanyi, kalo sehari aja nggak nyanyi, mo bakal ngerasa aneh. kaya ada yang hilang dari diri mo *tsaaah.

menurut mbah gugel, passion diartikan sebagai “semangat/keinginan besar/kegemaran”. sedangkan kalo Om Rene Suhardono (@ReneCC) dalam bukunya “Your Journey To Be The Ultimate U”, mendefinisikan passion sebagai “segala hal yang sangat, sangat, sangat diminati sehingga tidak pernah terpikir untuk tidak mengerjakannya” (dikutip dari sini)

trus kenapa passion itu jadi penting ??

karena kalo kita udah nemu passion kita nih, trus kita "bekerja" dengan passion kita berarti kita bekerja dengan sesuatu yang memang kita sukai. dan kalo kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai kita bakal mengerjakan pekerjaan itu dengan hati senang riang gembira  , mengurangi tingkat stress kita dan kalo kita serius mengembangkan passion kita, bakal lebih gampang buat kita expert di bidang passion kita itu. daaaaan kalo kita udah expert di suatu bidang apa yang terjadi ?? bukan kita yang nyari kerjaan, tapi pekerjaan yang nyari kita, yang berartiii money money money moneey 

waktu jimat sakti itu, kita dikasih simulasi cara buat nemuin passion kita. simulasinya gini nih.

pertama kita disuruh ngambil kertas dan alat tulis. kertasnya gausah gede gede, dan alat tulisnya juga boleh minjem kok. trus kita disuruh nulis 4 hal di kertas itu

1. Kegiatan apa yang kamu sukai ?
2. Kenapa kamu suka kegiatan itu ?
3. Kalo punya uang 60 juta, kamu mau kemana ?
4. Deskripsikan dirimu dengan 1 kata

tru mo jawab di kertas itu dengan spidol pinjeman.

1. Ngeblog, maen internet
2. karena bisa mengeluarkan pendapat yg ada di kepala mo, gaharus di pendem pendem.
3. ke negara manapun yang lagi bersalju dan luar angkasa (jadi astronot masih jadi mimpi-mo-yang-sangat-besar)
4. Calmy. karena pas mo mau nulis lovable langsung disambut sama muntaber 2 hari 2 malam sama temen temen mo -________- padahal apa yang salah sama lovable ?

 tuh buat yang masih galau sama passionnya bisa dicoba tuh. 

trus kalo masih galau gimana mo ?? nih beberapa tips dari mo buat nemuin passion kalian.

1. coba banyak hal baru

remaja itu waktu yang sangat pas buat nyoba hal - hal baru. karena waktu kita juga masih banyak dan kalo kita nyoba hal baru, kalo kita gaminat gaada ikatan apa apa. gaada salahnya juga kan nyoba hal baru ?
mo udah pernah nyoba gambar - gambar, ternyata bukan passion mo, gambar mo juga jelek. mo coba bikin blog, ternyata asik, dan mo terusin ampe sekarang :3, mo coba coba itu debate, ternyata asik juga, biarpun mo gajago tapi bagi mo pantas diperjuangin. mo coba belajar, ternyata itu bukan passion mo, nilai mo tetep jelek ampe sekarang. kalo yang terakhir emang bukan passion, tapi kewajiban mooo kewajibaaaan !!!! *digebokbuku
tuhkan gaada salahnya nyoba hal hal baru ?? 

2. banyak sharing ama temen temen, keluarga, siapapun

sharing aja gitu, kegiatan kalian apa, kegiatan temen kalian apa aja. kan bisa nambah pengetahuan juga, bisa juga bikin kita nemuin kegiatan baru yang siapa tahu itu sebenernya passion kita.

3. perhatikan lingkungan sekitar kita

nih misalnya jakarta lagi banjir, trus kita jangan kaya katak dalam tempurung. pura pura gak tahu dan ga peduli. tingkatin kepedulian kita sama lingkungan sekitar siapa tahu hati kita tiba tiba berbisik "aduh, kasian ya korban banjir, pengen deh nolong mereka semua" dan siapa tahu bisikan hati kita itu sebenernya passion kita. 


trus kalo kita udah nemu passion kita apa, jangan dicuekin aja! explore lagi passion kamu, biar passion kamu itu ga dianggurin gitu aja. buat nge-explore passion kamu itu banyak caranya. misalnya, ikut komunitas komunitas gitu. misalnya kamu punya passion ngeblog, bisa ikut komunitas blogger gitu. kan kalo passion kita makin terasah bisa mendatangkan money 

mo inget, seorang teman pernah bilang

"passion itu gausah terburu buru dicari, karena lama lama passion itu bakal dateng sendiri ke diri lo" -bumbum papana wota team veranda(?)

menurut mo, quote di atas itu lebih ke, gausah terpaku sama satu passion aja, explore dirimu lebih baik lagi dan passion passion lain bakal dateng sendiri ke kamu.

wuuh sesuatu banget nih postnyah berat bro. so akhir kata, mo mau ngasih quote aja.

"Great Result Comes from Great Work, Great Work Comes from doing What You Love" 
(dapet dari sini)


dadaaaah sampai jumpa di post post selanjutnyah jangan bosen mampir di jurnal mo 


14 comments:

  1. aih keren nih postingnya, kalo gw lebih ke mencar hal-hal yang barus sih, banyak tantangannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. muuci qaqaa :'3 iyak benar! nambah pengalamn juga :D

      Delete
  2. aku coba aaaaaahh, siapa tau ketemu passionnya
    hehhheee...
    keep posting yaa if :)
    SEMANGAAAAAAAAAAAAT!!

    ReplyDelete
  3. "Kelas 11, bentar lagi mau lulus"
    masih lama ya. 1 tahun. Kalo masih kelas 11 mah ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, mau kelas 12 harusnya. tapi gapapalah, 1 tahun itu bentar dude.

      Delete
    2. Lama. Kalo masih kelas 11 mah~
      Masih bisa ngapa ngapain. Kalo udah kelas 12 semua berasa ngebut XD

      Delete
  4. semoga passionnya tetep terjaga :)
    artikelnya bagus neng :D

    ciee yng kelas 11 :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita(?) bisa menyalurkan passion masing masing dengan hal yang positif U,U

      ada apa dengan kelas 11 ?? ada apa ?? ada apaaaa ???

      Delete
  5. Passion gue di blogging and desain... :D
    Semoga gue bisa terus ngeblog tanpa kenal umur deh... XD

    Btw, keren, postingan ini menginspirasi... :D

    ReplyDelete
  6. Mana passion gueeee? hahaa.. *di kantongnya doraemon kali yah?

    keep on writing guys :)

    #followback :D

    ReplyDelete
  7. Makasih Mo atas sharenya...

    Berguna banget nih tipsnya.

    Btw, emoticonnya unyu2 banget. Kalo boleh tahu, itu buat sendiri ato nyari di internet...??

    Semangat and Keep posting...!!

    -mechanicalengboy.wordpress.com-

    ReplyDelete
  8. Mooooooooo #hanyamanggil

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~