10 June, 2013

9th june, different places, different story

Depok, 9 Juni, 17 tahun yang lalu.....

Seorang ibu muda yang sedang hamil tua terlihat sedang makan bakso di depan rumahnya. keringat mengalir dari pelipisnya, kemudian dihapusnya lalu kembali memakan bakso yang ternyata pedas itu.
beberapa saat kemudian, perutnya terasa sakit. mules katanya. tetangga ibu ibu itu sedikit harap harap cemas. siapa yang tidak cemas, melihat seorang calon ibu yang sedang hamil tua, sakit perut ? dengan agak memaksa calon ibu itu pun digiring ke sebuah klinik dekat rumahnya.

deg deg.

betapa deg degannya ibu muda itu mengetahui bakal manusia yang ada di dalam rahimnya itu akan keluar sebentar lagi.
akhirnya sekitar pukul 5 sore, seorang bayi perempuan lahir.
tangisannya menggema di ruangan klinik yang sempit. saatnya untuk mengumandangkan adzan, menyambut sang bayi atas kedatangannya di dunia ini.

namanya Fathiya Iffatunnisa. nama yang penuh pengharapan. wanita yang bisa menjaga kehormatan diri. semoga saja begitu.



07 June, 2013

yang harus diperhatikan ketika UKK


UKK. 3 huruf yang bisa bikin buku pelajaran dan soal latihan jadi sahabat sementara. bisa juga bikin orang yang gapernah megang buku pelajaran jadi nempel sama buku mulu kaya baru jadian.

Fenomena UKK di Indonesia bisa membelah murid menjadi 2 kubu.

Kubu pertama adalah kubu manusia manusia rajin nan pintar. biasanya kubu ini jarang tidur selama UKK, syukur syukur kalo mereka inget tidur. bahkan mungkin ketika mereka tidur mereka masih mimpiin materi materi buat besoknya.

Kubu kedua adalah kubu manusia manusia woles yang belajar seadanya. prinsip hidup mereka adalah, keajaiban akan datang pada waktunya . belajar sesanggupnya aja dan beraktivitas seperti biasa. biasanya kebutuhan tidur mereka cukup, dan kebutuhan makan mereka tetap terjamin.
Kubu kedua ini terpecah lagi menjadi 2 kubu. kubu 2a, mengandalkan kehokian dan ingatan seadanya untuk menjawab. sedangkan kubu 2b mengandalkan kejelian panca indera dan koneksi teman yang kuat.

aku kubu 2a. mana kubumu ? 
anyway, untuk mengahadapi UKK bukan cuma memerlukan belajar yang cukup. banyak hal yang harus diperhatikan selama UKK untuk menjamin keberlangsungan hidup kita selama UKK itu berlangsung.

here are some tips from me! hal - hal yang HARUS lo perhatikan pada masa Ujian Kenaikan Kelas !