07 June, 2013

yang harus diperhatikan ketika UKK


UKK. 3 huruf yang bisa bikin buku pelajaran dan soal latihan jadi sahabat sementara. bisa juga bikin orang yang gapernah megang buku pelajaran jadi nempel sama buku mulu kaya baru jadian.

Fenomena UKK di Indonesia bisa membelah murid menjadi 2 kubu.

Kubu pertama adalah kubu manusia manusia rajin nan pintar. biasanya kubu ini jarang tidur selama UKK, syukur syukur kalo mereka inget tidur. bahkan mungkin ketika mereka tidur mereka masih mimpiin materi materi buat besoknya.

Kubu kedua adalah kubu manusia manusia woles yang belajar seadanya. prinsip hidup mereka adalah, keajaiban akan datang pada waktunya . belajar sesanggupnya aja dan beraktivitas seperti biasa. biasanya kebutuhan tidur mereka cukup, dan kebutuhan makan mereka tetap terjamin.
Kubu kedua ini terpecah lagi menjadi 2 kubu. kubu 2a, mengandalkan kehokian dan ingatan seadanya untuk menjawab. sedangkan kubu 2b mengandalkan kejelian panca indera dan koneksi teman yang kuat.

aku kubu 2a. mana kubumu ? 
anyway, untuk mengahadapi UKK bukan cuma memerlukan belajar yang cukup. banyak hal yang harus diperhatikan selama UKK untuk menjamin keberlangsungan hidup kita selama UKK itu berlangsung.

here are some tips from me! hal - hal yang HARUS lo perhatikan pada masa Ujian Kenaikan Kelas !



1. Restu

Bukan, bukan judul sinetron. bukan juga tulisan di belakang truk pengangkut barang.
Restu itu penting loh teman teman. coba kalo lo lagi ngerjain ulangan nih, tapi gadapet restu dari nenek lo, bisa jadi bala, contohnya

ketika lo udah jawab A trus lo tibatiba ragu, trus lo ganti E, eh ternyata yang bener itu A. nyesek kan ? #nyesekItuSederhana

 itu adalah contoh ke-bala-an yang mungkin terjadi. dan bisa jadi itu karena lo ga minta doa dulu sama orang - orang di sekitar lo.
jadi sebelum UKK perbanyaklah minta maaf dan minta doa restu. buat modusin gebetan juga bisa. sms aja, "Doain aku ya, aku besok mau UKK nih >.<" trus tambahin emot emot lutju. syukur syukur dibales, syukur syukur juga kalo didoain beneran.....  *nariSaman*

2. Dateng pagi!

Dateng pagi itu lumayang ngefek buat kelancaran otak kita. bayangin aja, berangkat ke sekolah trus belum macet. langit masih gelap gelap sendu. udara masih dingin dingin fresh gitu . enak banget kan buat berangkat ke sekolah ?
efek negatifnya sih, supir angkot masih pada bau asem. jadi jangan duduk di depan ya buat yang naik angkot.... 
selain bikin otak kita fresh, kita juga bisa dapet informasi yang mendukung kelancaran kita ulangan hari itu. kan sebelum ulangan suka ada yang nge-review pelajaran gitu kan, jadi semakin pagi kita datang semakin banyak informasi yang kita dapat! UYE!! 

3. Tidur yang cukup

kalo buat mo sih tidur yang cukup itu perlu. jangan sampe pas lo lagi ulangan, trus karena kurang tidur lo jadi gabisa mikir. oh man, itu fatal. semua yang lo pelajari semalemnya jadi sia - sia kan man ? mending hidup itu yang seimbang seimbang aja. kebutuhan otak dapet, kebutuhan raga lo juga gaboleh dilupain. daripada sakit pas lagi ulangan gitu, gimana hayo ??
jadi tidurlah nak, tidurlah ketika kalian butuh. jangan ngeforsir diri sendiri, sesuatu yang berlebihan itu gabaik. #ciyeeee #Markidur #marikitatidur

4. Jangan stalk gacinan (gacin : gagal cinta)

ini semua untuk kebaikan mental kalian wahai kaum muda! jangan sekali pun coba buat stalk twitter gacinan lo. efeknya lo bisa galau semaleman, dan bisa jadi lo jadi ga konsen karena gacinan lo mesra-mesraan sama orang lain di twitter. jangan man, lebih baik lo belajar aja. ngestalk gacinan gak akan bikin lo jadi tambah pinter. udah gitu aja. #ashedappp  *nariSamanLagi*

5. Siklus Buang Air

oke, ini paling penting yang harus lo semua perhatiin.
coba bayangin, ketika lo lagi ngerjain ulangan mtk, dan karena lo belom eek selama 3 hari, tiba tiba hasrat itu muncul! . pengen lo keluarin tapi ntar waktunya berkurang, lo tahan tahan, menderita gitu. efeknya muka lo jadi jelek ketika lagi ngerjain itu ulangan.
dan kalo sakitnya udah stadium parah, muka lo bisa jadi menunjukkan ekspresi frustasi. dan muka frustasi itulah yang akan mengundang perhatian pengawas. 'wah, itu anak mukanya frustasi tuh. bentar lagi juga nyontek, pantengin ahh' tuh suara hati para pengawas kalo ngeliat muka frustasi lo....
makanya, buanglah yang harus dibuang sebelum terlambat. jangan sampai kita harus membuang sesuatu di saat yang tidak tepat. itu........ malesin 


itulah tips tips dari mo yang bisa mo keluarkan saat ini. semoga yang sedang UKK sukses bergabung dengan kubu 1. dan doakan mo yang lagi UKK juga, heuheu. iya, mo lagi UKK dan malah ngepost disini  HAHA. 2 hari lagi mo!!! 2 hari lagi penderitaan ini berakhirr!!! PASUKANMU SUDAH HABIS UKK!!!!! INI KAN SENJATAMU ?!!!! *injekinjeksoalulangan* *kembalibelajar*

18 comments:

  1. aku termasuk kubu kedua.. karena aku percaya, kepintaran bukan dari buku, karena buku diciptakan Tuhan *emot malaikat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk usaha itu absolut. tapi nilai Tuhan yang menentukan *tingtingting*

      Delete
  2. Jadi UKK yang selama ini diributin anak kelas dua itu Ujian Kenaikan Kelas? Kirain Ujian Kompetensi Keahlian. Huft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ujian apa min ?? baru tau ada singkatan begituan buat UKK :/
      #Huftbanged

      Delete
    2. kalo di sekolah kejuruan ada UKK juga mo, tapi bukan ujian kenaikan kelas, tapi uji kompetensi keahlian.. biasanya dilaksanakan setiap mau kelulusan.. hoho
      *makanya gue bingung, UKK anak sma singkatan dari apa yak.. akhirnya terjawab sudah.. haha*

      Delete
  3. aku lagi UKK (^_^)9
    tapi aku masih bingung aku kubu yang mana :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk SEMANGAAAT!! baday pasti berlalu ('-')9

      Delete
  4. Ingat, posisi menentukan prestasi. (Ilham, 18 tahun, mantan anak SMA)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koneksi juga menentukan prestasi - mo, posisi strategis.

      Delete
  5. Btw, itu headernya cewek berjilbab kok kumisan? *salah fokus

    ReplyDelete
  6. Haha UKT kalau gue ujian kenaikan tingkat loh :o wkwkwk.. semester 2 nih kuiliah wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk aaak kuliah D: bentar lagi gue kuliah DD: aaak

      Delete
  7. semangaaaaaaat mo buat UKK nya yang tinggal detik detik terakhir ;)

    ReplyDelete
  8. aku kubu 1 tapi tidurnya cepat(?)

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~