02 January, 2015

Semester 1 di Fakultas Psikologi Unpad

Annyeong Haseyo sadayanaa!!!

oke itu alay.

Halo semuanyaa mo kembali lagi setelah terjebak di Jatinangor yang susah sinyal itu (padahal mah males ngepost aja). Anyway, pertama - tama mo mau mengucapkan belasungkawa yang sedalam - dalamnya atas tragedi AirAsia QZ8501 semoga keluarga korban diberi kekuatan dan para korban diterima di sisiNya. Aamiin :')

Oke balik ke topik yang sebenarnya.
Selamat !! Mo sudah melewati 1 semester di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dengan selamat sentosa! yeay!!


*hening*

dengan nasib IPK yang entah bagaimana bentuknya....

*hening lagi*
yaudahlah ya gausah dipikirin wkwkwk.

image source : www.pba.edu
Just in case ada dedek dedek SMA yang pengen masuk Fapsi Unpad, nihya mo mau menepis mitos - mitos yang beredar yang bilang kalo lulusan Fakultas Psikologi Unpad karena katanya psikologi IPA tuh kerjanya di rumah sakit jiwa which is COMPLETELY WRONG! Biarpun pas SBMPTN dimasukin dalam rumpun IPA, tapi lulusan Fapsi Unpad sama aja kok sama lulusan fakultas psikologi yang masuk rumpun IPS dan gacuma bisa kerja di rumah sakit jiwa aja. Oiya mungkin Fapsi Unpad masuk IPA tuh karena pas semester 1 ada matkul biopsikologi, biologinya psikologi, yang belajar biologi kan anak IPA tuh jadinya masuk rumpun IPA deh. Kalo kata temen mo, sebut saja wandi, soalnya kita lebih ke penelitian gitu (kalo gasalah) dan habis meneliti pake ilmu statistika yang notabene lebih ke IPA.

Jadi

INGAT YA! Lulusan Fakultas Psikologi Unpad tuh bukan cuma ngurusin orang - orang di rumah sakit jiwa... tong hilap nyaaak

oke, jadi semester ini matkul - matkulnya tuh udah dipaketin sama fakultas, jadi mo dapet 19 SKS dengan 9 matkul. apa aja sih yang mo pelajarin semester ini ? ini diaaa

1. Pendidikan Agama Islam (2 SKS)

Yup, biarpun mo udah kuliah mo masih dapet matkul PAI kaya anak sekolahan. Ini kaya semacam matkul wajib gituloh jadi semua fakultas dapet. Tapi yang jelas nggak belajar rukun puasa, rukun haji dan lain lain. Mo juga sebenernya gatau PAI teh mo belajar apa...... yaudahlahya

2. Pengantar Psikologi

Buat semester ini cuma ada 2 matkul yang berbau - bau psikologi. DUA COY. Sisanya ya kaya pelajaran SMA gitulah. Pengantar Psikologi ini buat membantu mahasiswa buat belajar psikologi yang sesungguhnya, semacam review gitulah, belajar teori - teori psikologi tapi nggak dalem - dalem banget. Yang mo seneng tuh ada tugas kita disuruh nyari tahu tentang bidang terapan psikologi yang diminati, bikin makin interest sama psikologi sih.

3. Biopsikologi

Nah ini nih satu lagi matkul yang berbau - bau psikologi. Biopsikologi mempelajari perilaku manusia dari sisi biologisnya. ya ga jauh - jauh dari otak, hormon, syaraf ya gitu gitu lah. seru juga sih sebenernya, soalnya selama di SMA tuh biologinya kan teori bgt yah, di matkul ini juga belajarnya aplikatif gituloh. jadinya gacuma teori doang.

4. Statistik I

No comment. Ini matkul paling bikin pucing kalo buat mo....

5. Filsafat Umum

"Manusia itu ada karena dia mengada"
Matkul ini tuh belom pernah didapetin di SMA, jadi mo agak kepo dan sebenernya menarik juga sih. Seru gitu diajak mikir. Tapi kayanya otak mo gasampe deh ke pemikiran dosennya mo :''')

6. Ilmu Alamiah Dasar

Pas denger matkulnya mo bingung, lah ini matkul apaan, namanya kok absurd banget. tapi setelah belajar ternyata ini adalah PLH yang sudah mo pelajari sejak ESEMPE. Semacam matkul hiburan gitu deh :') gaada UAS, gimana ga hiburan coba ? ;)

7. Bahasa Inggris

Iya mo belajar bahasa inggris juga, tapi ga kaya anak sastra inggris sih belajarnya. Paling yang bantu mo buat baca textbook aja, soalnya textbook mo itu rata - rata pake bahasa inggris :') mana tebelnya bisa buat nimpuk maling sampe masuk UGD :''').

8. Bahasa Indonesia

Ini adalah pelajaran yang gapernah absen dari kelas 1 SD sampe mo lulus SMA. Bahkan di kuliah pun ketemu lagi :') tapi untungnya kita gabelajar bikin puisi atau drama lagi kok. Lebih ke cara penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar buat bikin esai, makalah atau skripsi atau yang lain - lain.

9. Kewarganegaraan

Ini salah satu matkul wajib gitudah. Mo seneng belajar KWN di semester ini karena tugasnya seru - seru. gacuma duduk aja dengerin dosen yang bisa dipastikan dengan probabilitas 99,99999% mo bakal tidur dengan lelapnya. Tugasnya tuh ada orasi, bikin majalah, bikin video.... eh anyway nonton video KWN mo dong, ini buat tugas UAS loh. Jangan lupa dilike ya!



Nah sekiranya begitulah semester 1 di Fakultas Psikologi Unpad. Tugasnya masih yang seru - seru aja dan belom terlalu banyak, jadi mo kebanyakan gabutnya di kosan hehehehehehe.

Sekian postingan pertama mo di 2015 ini byeee semuanyaaaaa. kecup basah dari mo :*

7 comments:

  1. Mo kalo peminat jurusan psikologi unpad banyak ga? Trus yang di tes pas sleksi kalo dari jurusan IPA apa aja? Tolong dibantu ya udah kelas 11 nih bentar lagi kelas 12 :')

    ReplyDelete
  2. kak, kalau snmptn sama bmptn di unpad jurusan psikologi susah nggak ya kak? terus kalau sbmptnnya pake materi ipa atau ipc kak?

    ReplyDelete
  3. Kak, untuk tau skrg psikologi unpad masih du rumpun ipa ndak? Saya anak Ipa kalo snmptn pihis fapsi unpad bisa? Mksh sblmnya

    ReplyDelete
  4. Kak boleh minta email.nya, saya mau tanya2 tentang fakultas psikologi di unpad

    ReplyDelete
  5. Kak boleh minta email.nya, saya mau tanya2 tentang fakultas psikologi di unpad

    ReplyDelete
  6. kak ada gak anak psikologi yang dari magelang?

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~