17 February, 2015

#Kelas12Special Part 1 : SBMPTN and USM STAN

Haloo semuanyaaa mo kembali lagi nih hueheuehueheuheuehu *ngulet* Ga kerasa yah udah bulan Februari aja. Buat mo bulan Februari itu penyiksaan. Bukan kok bukan karena Valentine dan mo masih jomblo cantiq. (mana ada jomblo cantik-_- dan mana ada orang cantik jomblo menahun) Tapiiii karena di Ind*maret dan Alf*mart cokelat lagi banyak - banyaknya. Dan boro - boro beli cokelat, mo aja kalo ke Indom*ret paling cuma beli akua 1,5 L buat di kosan. Mana cokelatnya pada dihias - hias lucu lagi..... (sebenernya ini agak kode loh teman-teman) LUPAKAN COKELAT SEJENAK. Oke anyway ceritanya mo mau mulai ngeblog dengan teratur lagi nih. Pengennya sih seminggu sekali ngepost gitu atau dua minggu sekali deh. *yeh nawar* Ceritanya.



Sebenernya mo udah berencana buat ngepost ini dari sejak awal mo masuk kuliah. Tapi baru terealisasi sekarang. Emang anaknya suka mager. Di postingan ini mo mau kasih info soal tes - tes PTN yang mo ikutin tahun kemarin. Karena mo DITOLAK MENTAH -MENTAH *oke lebay* di SNMPTN undangan, mo jadi insecure banget takut gadapet PTN jadinya  mo ikutin tuh semua tes PTN yang bisa mo ikutin. Bukan berarti mo mendewakan banget PTN ya dan meremehkan PTS, nggak kok. Cuman kalo mo gamasuk PTN berarti mo ga kuliah, aturan dari emaknya mo gitu :') PTS juga ada yang bagus kook cuman ya harus merogoh kocek lebih dalam juga.


Tes PTN yang mo ikutin ga banyak - banyak banget sih cuma 4. Harusnya 5 sama UM Undip tapi karena keburu pengumuman SBMPTN jadinya mo gajadi ikut. Meni tempat tesnya jauh pisan gatau dimana untung gajadi wkwkwk. Okeh kita bahas satu - satu ya! Cekidot

1. SBMPTN - Taraf Kesulitan : 8/10

Source

SBMPTN atau kepanjangannya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi tertulis buat masuk PTN. Bimbel buat persiapan SBMPTN ini ga terhitung banyaknya, mulai dari paket hemat sampe paket deluxe juga ada *lho. Materi yang diujikan BUKAN level materi SMA obviously,kaya kalo sma tuh kita belajar berenang nah SBMPTN ini bikin kita harus menyelam sedalam 50 meter. Saran mo sih ya, kalian mulai belajar SBMPTN dari awaaaal banget. Soalnya materi yang dipelajarin juga materi UN kok tapi ya jauh lebih susah. Jadi dengan kalian belajar SBMPTN sebenernya kalian juga udah belajar buat UN.

Oiya trus mo mau sharing sedikit pas waktu mo ngerjain. Waktu itu tuh mo ngerjain cuma dikit sebenernya, tapi ada beberapa yang mo yakinnya tuh cuma 60% jadinya mo loncatin. Nah, saran - saran dari semua orang selama mo bimbel itu kalo ada nomor yang ga yakin banget gausah dijawab soalnya bakal ngurangin point gitu kaan. Tapi abis ngerjain itu mo tiba - tiba dapet ilham gini, kalo mo cuma jawab segini - gininya mo gabakal lolos, soalnya kan ntar yang diambil pasti yang nilainya tertinggi kaan, kalo mo cuma jawab segitu - gitunya nilai mo pasti gabakal bisa buat jadi nilai tertinggi secara mo jawabnya cuma dikit . Akhirnya mo memberanikan diri buat jawab yang cuma yakin 60% itu, karena kalo mo jawab dan ternyata bener, mo masih punya chance buat dapet nilai yang tinggi, tapi kalo pada salah sih ya wassalam. Jadi, daripada mo main aman tapi gapunya chance buat lolos mendingan mo ambil resiko dikit tapi bikin mo punya chance buat lolos.

Yatapi itu pemikiran yang sesat ya temen - temen. Jangan diikutin itu namanya menggali kuburan sendiri wkwkwk.

Anyway mo mau kasih rekomendasi ke kalian, kalo kalian lagi down dan males buat belajar coba stalk twitternya @rizkydea. tweet - tweetnya bener - bener nyes banget buat cambukan semangat. Mo bisa lolos SBMPTN juga berkat doi yang terus supply semangat lewat tweetnya :') tengkyu banget loh teh yiss. FYI doi anak unpad loooh *trus kenapa*

2. USM STAN - Taraf Kesulitan : 5/10


Source

USM STAN atau Ujian Saringan Masuk STAN ini dilaksanakan di berbagai tempat. Kayanya hampir setiap provinsi diadain deh (CMIIW) tapi mo ngambilnya yang di Jakarta biar deket. Buat ikut USM STAN ini perjuangan banget loh teman - teman. Dari awal transfer buat pendaftaran aja udah susah, soalnya ATM bank yang mo pake di Depok pada rusak busetdah. Mo sampe muter - muter buat transfer 150 ribu doang :') perjuangan gak tuh ? Nah setelah selesai urusan pendaftaran, yang dilakukan adalah verifikasi berkas ! Dan itu bikin kita harus ke STAN. DAN MO DAPET JADWAL PAS HARI SBMPTN. KZL  Jadi deh tuh mo harus ke STAN kelar SBMPTN. Mana mo gatau STAN itu dimana -_-. Akhirnya berbekal sedikit petunjuk dari omnya mo dan google maps mo sampe dengan selamat sentosa. Biarpun sempet diturunin dari bis karena alasan yang tidak jelas. Oiya kalo kalian mau verifikasi berkas buat USM nanti, plis make sure kalian udah bawa semua persyaratannya. Orang sebelum mo ada yang pas fotonya salah dan kayanya mereka harus balik lagi di hari besoknya. Gamau kan balik lagi ke STAN yang jauhnya minta ampun itu ? (kecuali rumah kalian di daerah Bintaro). Setelah verifikasi berkas, bakal dikasih tau lokasi ujian kamu, mo dapet lokasi ujiannya di GBK tapi ternyata ada juga yang ujian di STAN. Wah kalo sampe mo harus ujian ke STAN mo gatau dah kaya gimana... Jauhnya itu loh coy. Mana gaada yang nganterin lagi.............. *bekson OST Hachi*

Moving on, kenapa mo tulis taraf kesulitannya 5/10 ? Karenaaa tesnya 'cuma' TPA sama bahasa Inggris . Tapi nggak cuma juga sih, TPAnya juga agak susah, tapi bahasa Inggrisnya kayanya so so deh bukan soal TOEFL yang susah banget gitu. Buat soal TPA ada 120 soal (kalo mo gasalah) sedangkan buat bahasa Inggris ada 60 soal. Soal teknisnya banyak lah ya di web lain wkwk mo males nulisnya.

Oiya FYI yang daftar USM region Jakarta tuh 18ribuan kalo gasalah dan yang diterima cuma 1000an jadi persaingan ketat banget seketat legging penyanyi dangdut. Trus waktu ngerjain TPA, dalam waktu 100 menit mo cuma kelar ngerjain 50an. Panik gak sih dari 120 soal cuma sempet ngerjain ganyampe setengahnya ? Masa perjuangan mo dari awal daftar sia - sia gara gara TPA ?!!!!!! HUH ???? HUUH ?!!!!!!! Akhirnya pas waktunya ngerjain bahasa Inggris mo ngebut tuh jadi kira - kira 30 menit udah kelar 60 soal, eh ga 60 juga sih ada 2 - 3 soal ga mo isi soalnya ragu. Jadi sisanya mo gunain buat nyolong - nyolong ngerjain TPA hehe. Mo ditegur sama pengawas sampe jutaan kali tapi bodo amat, toh masih ada waktu. Pas waktu ngerjain selesai, akhirnya mo dapet sekitar 60 atau 70an soal gitu. Mo lupa juga exactnya ngerjain berapa. Dan alhamdulillah mo lolos tes tulis  . Saran mo sih ya kalian coba latih kecepatan ngerjain soal kalian. Karena ternyata biarpun soalnya 'cuma'  TPA dan bahasa Inggris ternyata soalnya menyita waktu juga.


Sekian dulu yah guys... Tadinya mo mau nulis empat - empatnya tapi apalah daya tangan mo keburu pegel . Part 2nya mo post secepatnya kok!!!!! BHAY MAKSIMAL!


8 comments:

  1. bener banget tuh ka @rizkydea sungguh memotivasi, kalo ngeliat dia nongol di timeline jadi malu sendiri karena engga lagi belajar malah santai-santai. Mungkin mo harus nyaranin juga tulisan blognya ka @rizkydea yang judulnya "tahu diri" itu tentang pengalaman dia ikut sbmptn, tulisannya serasa nabok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betuul! super banget ya tetehnya katakatanya itulo nampar abis!!! nah itu juga reccommended banget!!!

      Delete
  2. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
  3. Wah dari yang sisa dua ada kampus gue. :))
    Eh jadi ini sekarang kuliah di mana sih?
    Salam kenal ya. Baru pertama main ke sini kayaknya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah UI apa IPB nih ?????
      sekarang di Psikologi Unpad hehehee salam kenal juga yaa! :)

      Delete
  4. Kak emg itu beneran bisa curi curi ngerjain soal tpa pas bing ya? Bknnya klo ketauan pengawas langsung gugur?

    ReplyDelete
  5. Maaf saya mau nanya, lebih dulu mana seleksi stan dengan seleksi sbmptn?

    ReplyDelete
  6. Maaf saya mau nanya, lebih dulu mana seleksi stan dengan seleksi sbmptn?

    ReplyDelete

gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. readers pergi meninggalkan jejak. dududu~~